Tematik: Metode Belajar Asik Untuk Anak SD

Anak-anak SD biasanya menyukai metode pembelajaran yang sangat menyenangkan. Karena itu, metode pembelajaran TematikĀ diciptakan. Metode pembelajaran ini tidak hanya menyenangkan untuk para murid, tetapi juga bisa mempermudah tugas guru dalam mengajar. Lalu, apa itu tematik secara lengkap? kami sudah merangkumnya menjadi ringkasan agar mudah dipahami kamu semua.

Pengertian Tematik

Pengertian Tematik

Pengertian Tematik

Pengertian Tematik adalah salah satu metode pembelajaran dengan prinsip Terpadu. Biasanya, pembelajaran Tematik ini menggabungkan dua atau lebih pelajaran yang saling berkaitan dalam satu kali Pertemuan. Ini bertujuan agar para siswa dapat memperoleh pengalaman yang lebih mendalam sehabis belajar. Karena banyak yang percaya bahwa pengalaman secara mendalam itu lebih bisa diingat dalam jangka waktu lama ketimbang pengalaman yang biasa-biasa saja.

Dengan pembawaan materi yang mudah diingat oleh para siswa, kedepannya, para guru berharap jika para siswa ini dapat lebih mengerti tentang materi yang diajarkan. Para siswa juga biasanya sangat bergembira ketika guru mereka menerapkan sistem pembelajaran secara tematik ini. Karena mereka bisa langsung dihadapkan dengan materi – materi yang terhubung dengan materi di dunia nyata (tidak sebatas teori saja). Bukankah dari dulu siswa itu senang belajar dengan konsep praktik? Nah, penerapan sistem belajar tematik adalah salah satunya.

Di pembelajaran tematik, siswa akan didorong untuk belajar dengan kreatifitas yang tinggi. Karena di metode pembelajaran ini, setiap siswa tidak hanya di berikan teori-teori yang sangat membosankan, tetapi juga mereka akan diberikan teori dengan studi kasus langsung.

Di metode pembelajaran tematik ini, guru perlu mengemas pengalaman belajar yang sangat bermakna bagi siswanya. Karena seperti yang kami katakan diawal, unsur-unsur praktek yang dirasakan langsung oleh siswa menjadikan pembelajaran lebih efektif dan membentuk sebuah pola atau skema. Nah dari pola inilah biasanya para siswa akan memperoleh suatu ilmu pengetahuan secara utuh tanpa terpotong-potong.

Ciri – Ciri Pembelajaran Dengan Metode Tematik

Ciri-ciri Tematik

Ciri-ciri Tematik

Metode pembelajaran Tematik pasti memiliki ciri-ciri yang menjadi perbedaan dari metode pembelajaran lainnya. Dan berikut ini adalah ciri-ciri tematik:

  1. Pembelajaran bersumber dari siswa. Maksudnya adalah segala sesuatu hal tentang diskusi materi yang sedang dibahas adalah bersumber dari para siswa itu sendiri. Guru hanya akan bertindak sebagai fasilitator untuk merespon pertanyaan para siswa ketika mereka kurang mengerti atau bingung dengan informasi yang mereka dapatkan.
  2. Memberikan pengalaman secara langsung kepada para siswa. Tentu saja, karena pembelajaran tematik adalah konsep pembelajaran yang mengusung tema studikasus atau tema yang sedang dipelajari sangatlah relevan dengan kehidupan sehari-hari.
  3. Jarak antar mata pelajaran tidak terlalu kelihatan. Fokus pembelajaran para siswa akan diarahkan seperti kehidupan sehari-hari asalkan tidak keluar dari tema belajar.
  4. Sifat belajar yang fleksibel. Maksud dari fleksibel disini adalah guru dapat mengaitkan bahan ajar dari satu materi ke materi lainnya selama materi tersebut masih berada didalam satu tema yang sama.
  5. Murid dapat mengoptimalkan minat yang dimilikinya.
  6. Biasanya menggunakan metode belajar sambil bermain.

Baca: Pengertian Autobiografi

Tujuan Pembelajaran Tematik

Tujuan Pembelajaran Tematik

Tujuan Pembelajaran Tematik

Metode pembelajaran secara tematik ini diciptakan dengan tujuan mencapai hasil belajar yang optimal. Dan berikut ini adalah tujuan pembelajaran tematik :

  1. Dapat menghemat waktu guru karena bisa langsung menyampaikan dua atau lebih materi dalam satu kali pertemuan.
  2. Bisa mempelajari dan mengembangkan pengetahuan dalam satu unsur atau tema yang sama.
  3. Para siswa lebih semangat dalam belajar karena konsep dari pembelajaran tematik ini adalah mengedepankan praktek dan studi kasus.
  4. Para siswa juga bisa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih mendalam. Akibatnya, mereka akan lebih mengingat pelajaran mereka dalam jangka waktu yang lama.
  5. Mudah fokus kedalam satu topik yang sedang diajarkan.

Langkah Langkah Dalam Pembelajaran Tematik

Langkah-Langkah Pembelajaran Tematik

Langkah-Langkah Pembelajaran Tematik

Metode ini bisa dilakukan dengan melakukan 6 langkah – langkah pembelajaran tematik berikut:

  1. Guru harus dengan tepat mengarahkan siswa nya untuk belajar ke tema yang sudah disediakan. Jangan sampai keluar dengan tema pelajaran tersebut karena itu bisa membuat bingung para siswa. Misalnya, tema yang sedang dibahas adalah tentang majas ironi, nah guru tidak boleh keluar dari tema yang sudah ditentukan tersebut.
  2. Melakukan analisa tentang kompetensi dasar dan kompetensi kelulusan serta membuat indikator dengan tetap mengacu kepada materi atau standar isi yang diajarkan.
  3. Membuat keterkaitan antara tema dengan kompetensi dasar.
  4. Membuat jaringan antara kompetensi dasar dan indikator.
  5. Menyusun rencana pembelajaran secara tematik.
  6. Melaksanakan pembelajaran tematik.

Tidak hanya itu, pembelajaran dengan tematik juga bisa dilakukan dengan pendekatan ilmiah. Ada 5 pendekatan ilmiah yang bisa dilakukan untuk metode pembelajaran ini.

  • Pertama, Fasilitasilah siswa untuk mengamati objek yang sedang mereka pelajari
  • Kedua, Siswa diberikan fasilitas bertanya tentang apa saja yang mereka ingin tau seputar objek yang mereka pelajari
  • Ketiga, Ajaklah siswa untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang materi yang sedang mereka pelajari. Informasi ini bisa didapatkan dari berbagai sumber dan tidak terkecuali dari google
  • Keempat, Mengolah informasi yang sudah didapatkan bersama-sama untuk ditarik kesimpulannya
  • Kelima, Menceritakan kesimpulan dari informasi tersebut

Manfaat Pembelajaran Tematik

Manfaat Pembelajaran Tematik

Manfaat Pembelajaran Tematik

Menggunakan metode pembelajaran tematik tentu saja akan memunculkan banyak manfaat bagi para siswa dan juga guru. Berikut ini adalah manfaat dari metode tematik:

  1. Bermanfaat untuk menghemat waktu belajar dan juga menghindari tumpang tindih pelajaran. Seperti pelajaran bahasa Indonesia tentang pengertian kalimat tunggal dan majemuk tidak akan tertukar dengan materi pelajaran bahasa indonesia lainnya.
  2. Siswa dapat berperan sebagai sarana dan bukan untuk suatu tujuan belajar
  3. Materi yang diterima bersifat utuh tanpa terpecah-pecah karena tidak ada lagi batasan untuk materi yang sampaikan.
  4. Semua mata pelajaran terhubung

Penutup

Sampailah kita di ujung pembahasan tentang Tematik. Ada banyak sekali pengetahuan yang bisa kalian ambil di postingan kami kali ini. Mulai dari pengertian tematik, ciri-ciri tematik, langkah-langkah pembelajaran tematik, sampai manfaat dari metode pembelajaran tematik sudah kalian ketahui sekarang. Teruslah menciptakan metode-metode belajar terbaru agar tercipta suasana belajar yang menyenangkan bagi para siswa. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *